REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Demonstrasi ribuan massa buruh yang direncanakan bakal berlangsung hari ini, Rabu (1/5), menimbulkan reaksi dari sejumlah masyarakat. Apa tanggapan warga Jakarta terkait demo buruh?

Mughani (43 tahun), warga Jalan Cipinang Asem, RT 01 RW 04, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar Jakarta Timur mengatakan demo buruh akan membuat aktifitas terhambat. 

”Yang sudah-sudah memang seperti itu,” kata Mughani kepada Republika di Jakarta. Hal ini karena tahun lalu ia terkena imbas demonstrasi buruh. 

Pria yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta Pusat ini mengaku tidak bisa leluasa dalam menjalankan pekerjaannya akibat aksi unjuk rasa buruh. Pasalnya, jalan yang ia lalui terputus dan pengantaran barang pun terhambat.

”Jalan yang sering saya lewati tiba-tiba tidak bisa dilewati,” keluh Mughani.

Hal senada dikatakan, Ilyas Kurniawan, warga RT 07/07 Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Menurutnya, aksi demo buruh akan mengakibatkan kemacetan dan sejumlah jalan di Jakarta ditutup. ”Setahu saya sih banyak yang ditutup,” katanya

Ilyas mengharapkan agar pemerintah bisa mengondisikan buruh untuk berdemonstrasi di Istora Senayan tahun depan. Selain tidak mengganggu lalu lintas, di tempat tersebut juga bisa diadakan acara tertentu.

Article source: http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/13/05/01/mm3jfg-tanggapan-warga-jakarta-soal-demo-buruh