<!–

–>
Jakarta
Ketua KPU DKI Jakarta, Juri Ardiantoro menuturkan calon gubernur yang tengah menjabat sebagai kepala daerah diperkenankan mencalonkan diri pada pemilihan gubernur (pilgub) Jakarta. Syaratnya, calon tersebut harus mengantongi surat pemberitahuan kepada presiden atau gubernur.

“Untuk calon yang sedang menjabat, jika ia gubernur, ia harus memiliki surat pemberitahuan kepada presiden. Jika calon tersebut bupati atau walikota, maka dia harus memiliki surat pemberitahuan kepada gubernur,” ujar Juri saat berbincang dengan detikcom, Jumat (6/4/2012).

Menurut Juri, dengan surat tersebut cagub yang sedang memiliki jabatan sebagai kepala daerah tidak perlu lagi izin kepada DPRD, karena hal tersebut sudah diatur dalam Undang-undang.

Juri juga menyampaikan jika Joko Widodo (Jokowi) yang masih menjabat Wali Kota Solo dan Alex Noerdin yang menjabat Gubernur Sumatera Selatan, sudah memenuhi syarat tersebut.

“Relatif sudah,” ungkap Juri.

KPU Jakarta sudah mengantongi enam pasangan nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, baik dari jalur partai maupun perseorangan. Dari jalur partai yaitu pasangan Jokowi-Basuki T Purnama (Ahok) yang diusung PDIP dan Gerindra, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli(Partai Demokrat, Hanura, PAN, PKB, PBB, dan PKDI), Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini(PKS), dan Alex Noerdin-Nono Sampono (Partai Golkar, PPP, dan PDS).

Sedangkan dua pasangan dari jalur independen adalah Hendardji Supandji-Ahmad Riza Patria dan Faisal Basri-Biem Benjamin.

(rmd/rmd)

Article source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/589693/s/1e26c7ad/l/0Lnews0Bdetik0N0Cread0C20A120C0A40C0A60C1639380C18866510C10A0Ckpu0Edki0Ejokowi0Ealex0Eharus0Ekantongi0Eizin0Epresiden0Eatau0Egubernur/story01.htm

Related posts:

  1. Gubernur DKI Harus Miliki 3 Kriteria Penting Ini
  2. Maju di Pilgub DKI, Alex Noerdin Klaim Direstui Warga Sumsel
  3. Prijanto Mengaku Tak Siap Nyalon Gubernur DKI
  4. 3 Calon PDIP Mundur, Jokowi dan Nono Ogah Jadi Wagub DKI
  5. PPP Batal Berkoalisi Jika Golkar Tak Usung Alex di Pilgub DKI Jakarta