JAKARTA, KOMPAS.com Indonesia dan Turki perlu untuk membentuk kerja sama perdagangan bebas (FTA).  Hal itu untuk mewujudkan target peningkatan volume perdagangan senilai 10 miliar dollar AS.

0a154 avw Indonesia Turki Perlu FTA

 ”Harus kita juga berhasil secara cepat meningkatkan (dan) memuluskan kebijakan kerjasama free trade,” ujar Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Dipo Alam dalam pembukaan acara Turkish Export Products Fair 2011 di Jakarta, Kamis (2/6/2011).

Itu perlu, lanjut dia, karena Indonesia sendiri menerapkan antidumping. “Sebaliknya, Turki juga kurang lebih ada 8 atau 11 produk Indonesia yang juga tertahan karena juga semacam putusan dari industri,” tambahnya.

Namun kemudian, ia menuturkan, kedua pemerintah tidak dapat serta-merta campur tangan untuk hal tersebut. Dengan begitu, FTA dirasa dapat merupakan solusi yang tepat. Target tersebut pun, sebutnya, harus dilakukan secara bertahap. Tidak bisa volume perdagangan langsung ditingkatkan menjadi 10 miliar dollar AS dalam waktu dekat.

Ia menilai produk Turki tergolong barang yang bagus karena sudah menerapkan standar Eropa. Maka dari itu, dengan adanya eksibisi ini para pelaku usaha Turki dapat melihat pasar dari Indonesia dan sebaliknya.

Selain ekspor langsung, para pelaku usaha Turki juga berminat berinvestasi. Mereka, sebut dia, melihat perekonomian Indonesia yang bagus dan potensi pasar dari jumlah penduduk Indonesia yang besar. “Dapat diketahui bahwa kelompok menengah Indonesia ini tambah,” sebutnya.

Selain itu, demi meningkatkan perdagangan kedua negara, hambatan-hambatan perdagangan juga perlu benahi, khususnya melalui joint commission meeting. “Harapan sekali ini (joint commission meeting) bisa dilaksanakan oleh Menteri (Koordinator Bidang) Perekonomian, Menteri Perdagangan, dan Menteri Perindustrian,” tutupnya.



b006d ico share001 Indonesia Turki Perlu FTA
7838d ico email001 Indonesia Turki Perlu FTA
5a7ab ico print001 Indonesia Turki Perlu FTA

Article source: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2011/06/02/14275044/Indonesia.Turki.Perlu.FTA

Related posts:

  1. Indonesia Targetkan 10 Miliar Dollar AS dengan Turki
  2. Turki Butuh Bahan Alam Indonesia
  3. Ada Turki Export Product Fair
  4. Hatta: Tidak Perlu Kuatir Soal Yuan
  5. Peringkat Indonesia Terus Naik