JAKARTA, KOMPAS.com — Perdagangan bilateral Indonesia dengan Turki masih terbilang kecil dengan nilai kurang dari 2 miliar dollar AS per tahun. Demikian Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Dipo Alam, dalam pembukaan acara Turkish Export Products Fair 2011 di Jakarta, Kamis (2/6/2011).

21773 avw Indonesia Targetkan 10 Miliar Dollar AS dengan Turki

Selama ia menjabat sebagai Sekjen D-8 selama tahun 2007-2009, Dipo menuturkan ada komplain dari pihak Turki. Karena dalam perdagangan Turki dan Indonesia, Turki selalu defisit  400-600 juta dollar AS tiap tahun.

Oleh sebab itu, ia menyebutkan pemerintah menargetkan perdagangan kedua negara dapat ditingkatkan menjadi 10 miliar dollar AS. Secara geografi, jumlah penduduk kedua negara potensial sebagai pasar. “Turki kurang lebih dari 70 juta. Maka kalau digabung antara Indonesia dan Turki, (potensial) market yang dari jumlah penduduknya, ada 300 juta lebih,” tuturnya.

Kemudian, dari produk domestik bruto (PDB) kedua negara jumlahnya dapat mencapai Rp 1,6 triliun dollar AS. “Hal penting untuk kedua negara ini karena Turki juga strategis secara geografis untuk Indonesia. Di mana Turki posisinya dekat dengan negara Eropa, Middle East, Afrika Utara, maupun ke Asia Barat,” sebutnya.

Posisi ini, lanjut dia, menjadi penting bagi Indonesia untuk dapat masuk ke wilayah tersebut.

Selain itu, untuk mempermudah pengusaha Turki untuk datang ke Indonesia, pemerintah akan membuat konsulat di Istanbul. “(Sehingga) trader tidak perlu nanti apply visanya ke Ankara. Tapi cukup di Istanbul,” tambahnya.

Bahkan, transportasi kedua negara ini juga dipermudah dengan bertambahnya frekuensi penerbangan maskapai Turkish Airlines untuk rute Jakarta-Istanbul setiap hari.



6ade4 ico share001 Indonesia Targetkan 10 Miliar Dollar AS dengan Turki
6ade4 ico email001 Indonesia Targetkan 10 Miliar Dollar AS dengan Turki
0c15b ico print001 Indonesia Targetkan 10 Miliar Dollar AS dengan Turki

Article source: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2011/06/02/12565112/Indonesia.Targetkan.10.Miliar.Dollar.AS.dengan.Turki

Related posts:

  1. Indonesia-Turki Perlu FTA
  2. Ada Turki Export Product Fair
  3. Turki Butuh Bahan Alam Indonesia
  4. VIVA Targetkan Raup Rp 571 Miliar Melalui IPO
  5. Dollar AS Melemah karena Kebuntuan Utang AS