48375 20111124pbb puji asean Indonesia harus manfaatkan peluang kemitraan ASEAN India
PBB Puji ASEAN

a1a0f 20111121hasil pencapaian Indonesia harus manfaatkan peluang kemitraan ASEAN India
9 Poin Hasil KTT ASEAN

New Delhi (ANTARA News) – Indonesia harus mampu mengambil keuntungan dari peningkatan perdagangan antara ASEAN-India dengan memanfaatkan peluang pasar serta menarik investasi sebesar-besarnya dari negara Asia Selatan tersebut.

Nilai perdagangan ASEAN-India tahun ini diperkirakan mampu menembus angka 70 miliar dolar AS dibandingkan tahun 2010 yang nilainya baru mencapai 55,4 miliar dolar, kata Deputi Sekjen ASEAN, Bagas Hapsoro saat menghadiri pertemuan Dialog Delhi IV di New Delhi, Senin malam.

Penduduk India yang mencapai 1,2 miliar merupakan peluang pasar yang sangat potensial bagi industri pariwisata di Tanah Air. Wisatawan pernikahan (wedding tourist) dari India misalnya, mereka sudah biasa melakukan perjalanan ke luar negeri terutama ke kawasan Asia Tenggara baik dalam rangka berbulan madu maupun menghadiri pernikahan kerabatnya.

Pada tahun 2009 saja jumlah turis yang datang dari India ke ASEAN mencapai dua juta orang. “Ini mencerminkan adanya pertumbuhan yang stabil di bidang pariwisata antara ASEAN dengan India,” katanya.

Tinggal sekarang bagaimana kalangan industri pariwisata nasional secara aktif melakukan berbagai kegiatan promosi untuk menarik wisatawan India datang ke Indonesia.

Ia mengingatkan bahwa meski ada dampak krisis keuangan dunia, India tetap menjadi mitra dagang terbesar ketujuh dan investor terbesar keenam bagi ASEAN.

Saat ini India termasuk negara yang mencapai pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Pertumbuhan ekonomi negara ini pada 2012 diprediksi tetap berkisar 7-8 persen. Mengacu pada kuatnya pertumbuhan ekonomi India itu maka Indonesia bisa menawarkan berbagai peluang untuk menarik investasi India terutama di sektor infrastruktur, pertambangan dan energi.

Bagas mencatat ada beberapa faktor yang menjadikan posisi India menguntungkan sebagai mitra dagang Indonesia ketimbang dengan China meskipun pertumbuhan negara Tirai Bambu masih sedikit di atas India.

“Selain soal ekonomi dan jumlah penduduknya yang besar, India lebih terbuka dalam soal politik dan Hak Asasi Manusia ketimbang China, di mana kedua hal terakhir ini sejalan dengan prinsip yang dianut masyarakat internasional,” jelasnya.

Karena itu tidak mengherankan jika investasi langsung India ke ASEAN meningkat pesat dari 811,18 juta dolar AS pada 2009 menjadi 2,58 miliar dolar pada 2010 atau naik 221 persen, katanya.

Bagas mengharapkan bahwa kemitraan ASEAN dan India di bidang ekonomi pada masa datang bisa diperluas lagi mengingat Asia saat ini telah menjadi mesin pertumbuhan ekonomi dunia.

Senada dengan itu Menteri Luar Negeri India, SM Krishna saat membuka pertemuan Delhi Dialog IV menekankan pentingnya India dan ASEAN menjaga area ini tetap sebagai kawasan pertumbuhan.

India dan ASEAN perlu terus bekerjasama agar dapat memanfaatkan berbagai potensi yang mampu memberikan kemakmuran bagi kedua kawasan ini.

Dialog Delhi merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan kementerian luar negeri India dalam rangka meningkatkan kemitraan dengan ASEAN di bidang keamanan regional, ekonomi, dan iptek.

Pertemuan yang mengambil tema India dan ASEAN: Mitra untuk Perdamaian, Kemajuan dan Stabilitas” tersebut dihadiri peserta dari kalangan akademisi, pemikir (thing tank), perwakilan pemerintah dan dunia usaha negara anggota ASEAN dan India. (F004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com


Nama

 
Email

 
Komentar

 
a1a0f code Indonesia harus manfaatkan peluang kemitraan ASEAN India

Masukkan karakter yang terdapat pada gambar
 
 
 
 
 

 

Article source: http://www.antaranews.com/berita/297215/indonesia-harus-manfaatkan-peluang-kemitraan-asean-india

Related posts:

  1. Peluang Investasi di Indonesia Harus Dimanfaatkan Maksimal
  2. ASEAN Pilih Jepang Sebagai Mitra
  3. 30 Pengusaha Sudan Jajaki Kemitraan Dengan Indonesia
  4. 10 hotel Indonesia sabet ASEAN Green Award
  5. 10 Hotel Indonesia Bertarung di ASEAN Award

Comments are closed.