32f1b lg Duh! Sekeluarga Menolak Dievakuasi dari Banjir 1,5 Meter di Rawajati

Jakarta – Meski banjir setinggi 1,5 meter sudah merendam rumahnya, satu keluarga menolak dievakuasi di Rawajati, Jaksel. Mereka memilih bertahan di lantai 2 rumah itu.

Tim SAR Polda Metro Jaya mulai bergerak ke rumah warga yang terendam banjir sekitar pukul 20.30 WIB, Selasa (15/1/2013). Membawa pelampung, tali tambang dan ban, 8 anggota Tim SAR menyusuri gang-gan sempit di tengah kegelapan lantaran listrik di Kelurahan Rawajati, Jaksel dipadamkan.

Lokasi rumah warga yang menolak dievakuasi berada di RT 10 RW 01. Pantauan detikcom, pria paruh baya yang melongok dari lantai 2 langsung menolak dievakuasi. “Ngga usah nggak usah,” kata pria itu.

Anggota Tim SAR berusaha membujuk pria itu agar bersedia dievakuasi. “Pak ikut saja ke posko di sana sudah ada makanan, sudah ada tim medis. Daripada di sini takut air makin tinggi,” teriak anggota Tim SAR.

Namun bujukan ini tidak berhasil. Warga tetap menolak evakuasi. “Sudah dibujuk tetap nolak,” kata anggota Tim SAR.

Banjir di Rawajati merendam 3 RW yakni RW 1,3 dan 7. Ketinggian banjir berbeda-beda di tiap titik. Namun di pemukiman yang berada persis di bantaran Kali Ciliwung, air mencapai 2 meter.

Akibat luapan sungai, air juga meluber ke jembatan persis dibawah jalan layang Cililitan-Kalibata sehingga tidak dapat dilewati kendaraan. Hingga pukul 21.10 WIB, arus lalu lintas yang melintasi jalan layang macet total.

(fdn/ndr)

Article source: http://news.detik.com/read/2013/01/15/211810/2143176/10/duh-sekeluarga-menolak-dievakuasi-dari-banjir-15-meter-di-rawajati