672ac 105929 perumahan rakyat  300 225 BBM Naik, Daya Beli Rumah Bisa Turun

<!– –>

VIVAnews - Kenaikan harga bahan bakar minyak juga akan berdampak kepada daya beli masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membeli rumah. Kenaikan harga BBM akan membuat kebutuhan dasar bahan bangunan juga naik, sehingga developer akan menaikkan harga dasar properti.

“Transaksi harga maupun upah yang diminta pekerja juga akan naik,” kata Associate Director Investment Services, lembaga konsultasi dan riset properti, Colliers International, Aldi Garibaldi, kepada VIVAnews, Jumat, 24 Februari 2012.

Aldi mencontohkan, sebelum kenaikan harga BBM, dengan pendapatan masyarakat maksimal Rp5 juta, untuk membeli rumah masih bisa mencicil sebesar Rp1,5 juta. Sisanya masih bisa membeli makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Namun, sesudah kenaikan harga BBM, harga kebutuhan pokok, bahan bangunan juga naik dan ikut mempengaruhi kenaikan cicilan.

“Akhirnya, kelas menengah berpikir cicilan nanti dulu, karena harga kebutuhan pokok naik. Ya sudah, tidak usah beli rumah, lebih baik mengontrak saja. Meski harga kontrakan juga naik,” katanya.

Aldi mengatakan, pengaruh kenaikan BBM dampaknya lebih terhadap masyarakat kelas menengah ke bawah, tapi tidak bagi kelas menengah ke atas.

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi melalui perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012. Harga minyak mentah dunia yang tinggi menjadi salah satu alasan kenaikan harga BBM itu.

Menurut SBY, asumsi harga minyak dalam APBN 2012 harus disesuaikan. Pemerintah tidak mungkin lagi menetapkan asumsi dengan harga minyak mentah Indonesia (ICP) US$90 per barel. Sebab, harga ICP saat ini mencapai US$115 per barel. (art)

• VIVAnews
<!– –>

51a9f avw BBM Naik, Daya Beli Rumah Bisa Turun

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar


51a9f fblogin BBM Naik, Daya Beli Rumah Bisa Turun

Article source: http://bisnis.vivanews.com/news/read/291007-bbm-naik--daya-beli-rumah-bisa-turun

Related posts:

  1. BBM Naik, Target 1 Juta Mobil Bisa Meleset
  2. BBM Naik Rp 500, Inflasi Naik 0,25 Persen
  3. BBM Naik, Mendag Pacu Pertumbuhan Ekspor
  4. BBM Bakal Naik, Polri Minta Warga Laporkan Penimbun
  5. Penjualan BBM Non Subsidi Pertamina Turun